Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan

Tugas 7 : Pembuatan Spesifikasi

Nama : Erki Kadhafi Rosyid

NRP : 05111940000050

Kelas : Rekayasa Kebutuhan B

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pembuatan spesifikasi pada studi kasus e-commerce Hanaka Classic.

Deskripsi Sistem

Sistem Informasi Hanaka Classic adalah suatu sistem informasi manajemen berbasis web yang digunakan oleh Toko Hanaka dalam menangani penjualan secara online. Sistem informasi ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan layanan: pertama bagi para staf Hanaka untuk mempermudah pekerjaan mereka dalam mengolah dan mengelola data para pelanggan, produk, transaksi; kedua bagi para pelanggan untuk dapat memesan produk Hanaka secara online

Pelanggan dapat mendaftarkan diri dengan membuat akun, selanjutnya sistem akan mengirimkan e-mail konfirmasi ke pelanggan. Kemudian pelanggan dapat login ke sistem setelah terkonfirmasi. Pelanggan dapat melihat produk yang dijual oleh Hanaka berdasarkan kategori produk. Produk tersebut dapat dipesan oleh pelanggan dengan memasukkan produk dan jumlahnya ke dalam keranjang belanja, yang kemudian jika pelanggan memilih menu checkout pada keranjang belanjanya, maka pelanggan akan dialihkan untuk mengisi detail pemesanan dan pembayaran. Pemesanan dan pembayaran tersebut akan diverifikasi oleh administrator atau layanan pembayaran. Selanjutnya pelanggan dapat melihat status pemesanannya melalui sistem, dan mencetak invoice/faktur pemesanannya bila diperlukan.

Administrator sistem dapat mengelola akun pelanggan dan membuat akunnya sendiri melalui sistem. Selain itu, administrator sistem juga dapat mengelola produk dan pemesanan. Dalam pengelolaan produk, administrator sistem dapat memasukkan data produk baru ke dalam sistem dan memperbarui atau mengubah data produk yang sudah ada. Pengelolaan pemesanan meliputi pembaruan status pemesanan pelanggan apabila pelanggan telah melakukan pembayaran atau membatalkan pemesanan. Namun sebelum status pemesanan dapat diubah, pembayaran terlebih dahulu diverifikasi oleh administrator atau layanan pembayaran.

Spesifikasi

Kebutuhan Fungsional

  1. Melihat riwayat pembelian.
  2. Memberikan ulasan.
  3. Melacak pengiriman.
  4. Melihat barang.
  5. Mencari barang.
  6. Menambah barang ke keranjang.
  7. Menambah barang ke wishlist.
  8. Melakukan transaksi membeli barang.
  9. Melakukan checkout.
  10. Melihat/meng-update barang di keranjang.
  11. Mengisi form pembayaran.
  12. Mengisi form pembayaran via transfer ATM.
  13. Mengisi form pembayaran via transfer virtual account.
  14. Melihat invoice.
  15. Membatalkan checkout.
  16. Mendaftar akun.
  17. Mengunggah bukti transfer.
  18. Menyediakan virtual account.
  19. Memverifikasi pembayaran.
  20. Memverifikasi pembayaran via ATM.
  21. Menambah barang.

Kebutuhan Non-Fungsional

  1. Availability
    Situs web bisa berjalan 24/7 dengan uptime minimal 99.9% (downtime maksimal 8.77 jam/tahun) dan dapat melayani 100-200 pembeli dalam satu waktu.
  2. Reliability
    Situs web dapat melakukan pencadangan data secara otomatis dan dapat dipulihkan dalam waktu sesingkat mungkin bila terjadi gangguan yang tidak disengaja seperti akibat dari bencana alam atau gangguan aliran listrik.
  3. Ergonomy
    Situs web mempunyai desain yang menarik dan dibuat semudah mungkin untuk digunakan, sehingga mempermudah pembeli dalam bertransaksi.
  4. Portability
    Situs web harus dapat diakses dari berbagai jenis perangkat seperti desktop/laptop PC maupun mobile phone, dan dapat diakses dari seluruh sistem operasi.
  5. Memory
    Membutuhkan memori penyimpanan setidaknya 256 GB untuk menampung data dalam jumlah banyak, dan perlu dilakukan pencadangan dan pembersihan database secara rutin agar penggunaan memori penyimpanan lebih efisien.
  6. Response time
    Situs web dapat merespon permintaan pengguna paling lama 5 detik.
  7. Security
    Situs web dapat mengenkripsi data yang tersimpan terutama data sensitif seperti data pembeli, memiliki perlindungan terhadap virus, ransomware, dan sejenisnya, autentikasi hak akses pengguna berdasarkan peran akun pengguna, dan menggunakan captcha untuk melindungi situs web dari DDoS.
  8. Bahasa komunikasi
    Menggunakan bahasa Indonesia karena pengguna merupakan kewarganegaraan Indonesia, dan bahasa Inggris untuk memperluas pangsa pasar karena Bali merupakan salah satu tujuan pariwisata utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV Web