Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan

Pada tugas ke-3 ini, saya akan membahas tentang “Input Output Rekayasa Kebutuhan” dengan menggunakan studi kasus dari tugas sebelumnya. Saya menggunakan studi kasus “Sistem Informasi Transaksi Peminjaman pada Perpustakaan”. Untuk SKPL dokumen dapat dilihat dibawha ini

Point Input

Pada bagian ini, saya akan membahas mengenai Existing System Information, Stakeholder Needs, organizational standards, dan regulation.

Existing System Information

Sistem informasi ini akan dikembangkan di Universitas Komputer Indonesia. Sistem informasi yang akan dikembangkan adalah sistem yang memiliki tujuan utama untuk mendigitalisasi kegiatan transaksi dalam sebuah perpustakaan. Kegiatan tersebut yaitu menangani kegiatan pendaftaran anggota baru perpustakaan, membuat laporan, dan menangani pengolahan data peminjaman serta pengadaan buku.

Stakeholder Needs

Terdapat tiga stakeholders dalam di sistem informasi ini, yaitu:
  1. Penanggung Jawab, orang atau organisasi yang akan menggunakan perangkat lunak serta bertanggung jawab atas sistem
  2. Petugas Perpustakaan, orang atau organisasi yang akan langsung menjalankan atau menggunakan perangkat lunak
  3. Anggota, orang atau organisasi yang akan meminjam, memperpanjang atau mengembalikan buku
Sedangkan kebutuhan dari masing-masing stakeholders dapat dilihat sebagai berikut
  1. Penanggung Jawab
    • Penanggung jawab dapat mengolah data petugas
    • Penanggung jawab dapat melihat laporan keuangan
    • Penanggung jawab dapat laporan buku perpustakaan
  2. Petugas Perpustakaan
    • Petugas perpustakaan dapat mengolah data buku
    • Petugas perpustakaan dapat mengolah data administrasi anggota
  3. Anggota
    • Anggota dapat mendaftarkan dirinya ke sistem
    • Anggota dapat melakukan kegiatan peminjaman dan pengembalian buku

Organizational Standards

Standard yang akan ditetapkan untuk menilai atribut kualitas pada sistem informasi ini adalah berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI. Dokumentasi lengkap dapat dilihat di link berikut. Berikut adalah beberapa standard dalam sebuah perpustakaan:
  1. Jenis Koleksi perpustakaan terdiri dari
    • Karya tulis terdiri dari koleksi literatur kelabu, manuskrip
    • Karya cetak terdiri dari buku dan terbitan berkala.
    • Karya rekam terdiri dari koleksi audio visual, rekaman video, dan rekaman suara
  2. Jenis Pelayanan
    • Jenis pelayanan perpustakaan paling sedikit terdiri atas: pelayanan teknis dan pelayanan pemustaka
    • Pelayanan teknis mencakup pengadaan dan pengolahan bahan perpustakaan
  3. Jumlah Jam Pelayanan
    Jumlah jam pelayanan perpustakaan paling sedikit 8 (delapan) jam per hari dan dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan pemustaka

Regulation

Berikut adalah regulasi mengenai batasan yang ditetapkan pada pengembangan sistem informasi ini:
  1. Anggota hanya dapat mendaftarkan diri nya melalui petugas
  2. Sistem akan berjalan tanpa jaringan internet
  3. Laporan akan dibuat menggunakan format CSV
  4. Sistem berbasis web dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript, aplikasi pemrograman basis data MySQL, dan web server Apache

Domain Information

Domain dari sistem informasi ini adalah administrasi perpustakaan. Berikut adalah istilah yang akan digunakan pada pengembangan sistem informasi ini.
  1. Pustakawan
    Seorang yang memiliki kompetensi yang diperolehnya melalui pendidikan dan atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.
  2. Penerbit
    Sebuah industri penerbitan yang membantu penulis untuk menerbitkan berbagai buku hasil karyanya.
  3. Jurnal Ilmiah
    Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan.

Point Output

Pada bagian ini, saya akan membahas mengenai Agreed Requirements, System Specifications, dan System Models

Agreed Requirements

Kebutuhan yang diperlukan dalam sistem ini adalah sebagai berikut:
  1. Sistem dapat melayani peminjaman buku
  2. Sistem dapat melayani pencatatan pengadaan buku
  3. Sistem dapat melakukan pendataan data petugas
  4. Sistem dapat melakukan pendataan data anggota
  5. Sistem dapat membuat dan menampilkan laporan data peminjaman buku

System Specifications

Agar sistem dapat berjalan, diperlukan spesifikasi sistem sebagai berikut:
  1. Komputer dengan minimal ram 4gb dan processor Intel Core i3 - 12100T beserta dengan monitor, keyboard, mouse, dan printer
  2. Perangkat lunak menggunakan sistem operasi minimal Windows 7
  3. Perangkat lunak dapat diinstal dan dijalankan dengan mudah
  4. Perangkat lunak dapat melakukan fitur CRUD
  5. Perangkat lunak dapat membuat laporan yang diperlukan

System Models

Berikut adalah Diagram Konteks dari sistem informasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV Web